8 Tokoh ini Ternyata Merupakan Pengidap ADHD

8 Tokoh ini Ternyata Merupakan Pengidap ADHD

duniiakesehatan.com – 8 Tokoh ini Ternyata Merupakan Pengidap ADHD, Gangguan konsentrasi atau attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan kelainan mental yang dapat membuat penderitanya menjadi sangat impulsif atau hiperaktif serta kesulitan untuk memusatkan perhatinnya pada suatu hal. Umumnya, ADHD diderita oleh anak-anak berusia 7 tahun atau saat menginjak usia sekolah. Namun menurut Psychoterapist Ciputra Medical Center, dr. Dharmawan A. Purnama, Sp.Kj., tercatat sebanyak 4% orang dewasa di Indonesia diketahui mengidap ADHD.

Berbagai hal dapat menjadi faktor penyebab ADHD, seperti genetik, neurokimiawi otak, hingga gangguan pada ibu hamil seperti stress, alkohol, maupun rokok. Penderita ADHD kerap mengalami masalah dalam prestasi akademik maupun pergaulan sosialnya. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada solusi bagi para penderitanya. Para ahli menyarankan agar penderita ADHD perlu mendapatkan perhatian khusus dari para ahli, baik dengan cara pemberian obat, konseling, pelatihan, dan lain sebagainya.

Baca juga : Bakat Besar Dibalik Gangguan Hiperaktif

Beberapa tokoh di bawah ini ternyata juga pengidap ADHD. Meskipun tidak mudah, namun mereka terbukti telah berhasil menghadap hambatan di dalam diri mereka hingga akhirnya bisa menjadi sukses di bidang mereka masing-masing. Inilah mereka.

1. Michael Phelps
Michael divonis menderita ADHD saat ia berusia 9 tahun. Sewaktu duduk di bangku sekolah, ia memang dikenal sebagai anak yang tidak bisa diam dan sulit berkonsetrasi. Selama bertahun-tahun ia harus mengkonsumsi obat untuk dapat mengontrol dirinya. Bahkan gurunya pernah berkata kepada orang tuanya bahwa Michael tidak akan bisa menjadi orang yang sukses di masa depan.

Keinginannya untuk lepas dari ketergantungan obat serta dukungan yang besar dari ibunya, Debbie Phelps, Michael menjatuhkan pilihannya pada olahraga renang yang dianggap dapat membantunya mengontrol energy serta mencegahnya untuk terus bergerak. Latihan keras dan disiplin telah membantunya untuk menyalurkan energinya menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Ia tercatat telah mengoleksi 22 medali emas Olimpiade dan menjadi sosok inspiratif bagi orangtua yang memiliki anak dengan ADHD.

2. Emma Watson
Meskipun tidak pernah mengatakan secara langsung, dari berbagai media diketahui bahwa Emma menderita ADHD sejak ia masih berusia anak-anak. Emma yang dikenal sebagai wanita cerdas ini diketahui telah menjalani pengobatan selama kariernya.

3. Agatha Christie
Agatha Christie merupakan penulis terlaris sepanjang masa dengan rekor penjualan sebanyak kurang lebih 4 miliar copy dan telah diterjemahkan ke dalam 103 bahasa. Namun siapa sangka jika penulis novel detektif ini ternyata memiliki kesulitan untuk bisa mengeja dengan benar. Bahkan ia cenderung tidak bisa mengingat angka dengan baik. Namun karena keuletannya untuk terus belajar, ia mampu membuktikan bahwa kondisinya bukanlah sebuah halangan.

4. Jim Carrey
Pemeran tokoh jenaka dalam film “Ace Ventura” ini merupakan sosok yang terbuka dengan ADHD yang dimilikinya. Saat duduk di bangku sekolah, ia kerap menjahili teman-teman sekelasnya. Jim diketahui telah menjalani pengobatan untuk mengontrol dirinya. Ketika ia tumbuh dewasa, ia memanfaatkan “kelemahan” tersebut dengan cara menyalurkannya kreativitas dan energinya untuk menjadi seorang komedian.

5. Michael Jordan
Jordan merupakan pebasket terhebat sepanjang sejarah sekaligus seorang pengusaha sukses. Alih-alih menyerah dengan ADHD yang dideritanya, Jordan berupaya menemukan bakatnya di bidang olahraga. Energi menggebu-gebu yang dimilikinya sukses menjadikannya sebagai seorang pengusaha sukses selepas masa pensiunnya sebagai pebasket. Ia tercatat mampu menghasilkan jutaan dollar dari berbagai bisnis dan investasi yang dimilikinya.

6. Adam Levine
Pada wawancara dalam sebuah acara televisi, Adam bercerita bagaimana ia harus berjuang mengatasi ADHD sejak usianya masih anak-anak. Berkat kegigihannya, kini Adam telah menjelma sebagai salah satu musisi yang paling berpengaruh di dunia. Ia juga menyampaikan kepada para penderita ADHD bahwa hal tersebut sejatinya bukanlah merupakan hal yang buruk, di mana mereka semestinya tidak boleh merasa berbeda dengan orang lain.

7. Caitlyn Jenner
Semasa di bangku sekolah, Jenner harus berjuang guna mendapatkan nilai bagus di sekolah. ADHD yang dideritanya cukup menyulitkannya untuk berkonsentrasi saat belajar. Namun kemudian ia menemukan bakatnya di bidang lain, yakni olahraga lari dan memutuskan untuk giat menekuni olahraga tersebut hingga ia berhasil memenangkan medali emas pada Olimpiade 1976.

8. Albert Einstein
Salah satu ilmuwan terhebat sepanjang masa ini divonis menderita ADHD ketika ia masih berusia anak-anak. Diketahui ia baru bisa berbicara pada usia 3 tahun dan sering melewatkan perkuliahan. Belum diketahui apakah kemampuan Einstein menciptakan sejumlah teori ilmiah disebabkan oleh ADHD yang diidapnya. Namun diketahui bahwa orang dengan ADHD dapat mengalami apa yang disebut hyper-focus pada apa yang disenanginya dan menghasilkan kreativitas yang tinggi.

Dari beberapa perjalanan hidup para tokoh di atas, ADHD sejatinya bukanlah sesuatu yang menakutkan apabila mendapatkan penanganan yang tepat. Bahkan banyak dari penderita ADHD yang sukses di bidang yang mereka geluti.

Related posts