Dampak Buruk Rutin Makan Gorengan

Dampak Buruk Rutin Makan Gorengan

Duniiakesehatan.com – Makanan goreng telah menjadi makanan sehari-hari atau makanan ringan bagi kebanyakan orang Indonesia. Cara membuatnya praktis dan mudah, dan harga yang murah dan terjangkau membuat makanan goreng lebih populer.

Biasanya tempe, tahu, pisang, ataupun singkong dicampur dengan tepung dulu sebelum digoreng. Hasilnya akan kamu dapatkan gorengan yang begitu renyah dan gurih kesukaan orang Indonesia. Banyak orang yang seakan lupa bahwa mengonsumsi gorengan terlalu banyak akan membahayakan kesehatan. Berbagai dampak buruk bagi kesehatan dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Apalagi gorengan gorengan tersebut biasanya dijual di tepi jalan dan menggunakan minyak yang sama secara berulang-ulang. Tentunya hal ini tidak begitu menyehatkan bagi tubuh.

Berikut Duniiakesehatan.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/4/2019) tentang dampak buruk rutin makan gorengan.

Obesitas dan Diabetes

Obesitas
Gorengan merupakan makanan yang tinggi lemak dan biasanya juga mengandung kalir yang sangat tinggi. Bila kamu terlalu banyak makan gorengan, maka berat badan kamu pun akan bertambah, dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya obesitas. Kalori kalori yang menumpuk pada tubuh itulah yang menyebabkan berat badan meningkat dan berpotensi mengidap obesitas. Jadi pertimbangkan terlebih dahulu ketika kamu akan membeli gorengan, jangan terlalu banyak karena akan berdampak buruk bagi kesehatanmu, seperti obesitas.

Diabetes
Makan gorengan juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Hal ini karena penggunaan minyak pada gorengan yang sangat banyak. Jadi terlalu sering makan gorengan dengan minyak yang begitu banyak setiap harinya dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Ketika diabetes biasanya terjadi pada orang orang yang sudah tua karena kelebihan berat badan, sekarang anak muda pun juga bisa mengidapnya karena banyak mengonsumsi gorengan. Tidak hanya karena minyaknya, kandungan gula dan kalori yang banyak menjadi salah satu penyebab diabetes. Jadi kamu harus menjaga pola makan dan makan makanan sehat setiap harinya.

Penyakit Jantung dan Gangguan Pencernaan

Penyakit Jantung
Makan gorengan juga memiliki dampak jangka panjang, yaitu terjadinya penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena diawali dengan obesitas yang akhirnya menyebabkan penyakit penyakit lainnya bermunculan. Selain itu, lemak dan kolesterol pada gorengan dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan penyakit lainnya.

Mengganggu Sistem Pencernaan
Makanan berminyak seperti gorengan mengandung banyak lemak yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Lemak yang terkandung dalam minyak tersebut sulit untuk dicerna oleh lambung, sehingga lambung memerlukan bantuan enzim untuk mencernanya. Hal ini dapat menghambat proses pencernaan dan mengakibatkan kembung, mual, serta perasaan tidak yaman dalam sistem pencernaan kamu. Jadi mengonsumsi gorengan bahkan bisa memperlambat proses metabolism yang dilakukan tubuh kamu.

Baca juga : Makanan Mentak Yang Tidak Baik Dimakan Langsung

Batuk, Jerawat, dan Menghancurkan Bakteri Baik

Tenggorokan Gatal dan Batuk-batuk
Minyak lagi lagi menjadi faktor yang menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Minyak yang digunakan ketika memasak gorengan bisanya adalah minyak bekas, hal ini dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk batuk. Kandungan minyak yang digunakan saat menggoreng makanan dapat memunculkan sebuah senyawa yang dapat menyebabkan tenggorokan tersa gatal. Biasanya hal ini juga menyebabkan terjadinya iritasi pada tenggorokan.

Memunculkan Jerawat
Lemak dan kolesterol yang menumpuk di tubuh ketika makan gorengan dapat menyebabkan kulit wajah dan bagian tubuh lainnya ditumbuh oleh jerawat dan membuat wajah kusam serta keriput. Walaupun dampak buruk ini terjadi secara tidak langsung, namun nantinya konsumsi gorengan berlebihan dapat menyebabkan jerawat muncul dan membahayakan kesehatan usus. Bahkan gorengan dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit yang menyebabkan kulit cepat mengkerut. Karena proses antiaging tidak berjalan dengan baik, sel sel kulit akan mati dan menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah kamu.

Menghancurkan bakteri baik
Gorengan juga dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan sari makanan buruk yang masuk ke dalam tubuh menggangu imun dan menimbun lemak yang menyebabkan berbagai penyakit. Hal ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan minyak saat memasak gorengan. Solusinya kamu bisa menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

Related posts