Ketahui Ciri Anak Mengalami Gangguan Mental

Ketahui Ciri Anak Mengalami Gangguan Mental

duniiakesehatan.com – Ketahui Ciri Anak Mengalami Gangguan Mental, Setiap Manusia berpotensi besar untuk Berpotensi untuk gangguan kejiwaan. Gangguan kejiwaan bisa berawal dari manapun seperti perlakukan tidak menyenangkan di masa kecil, dari teman kerja, kehidupan sekitar yang tidak memiliki kasih, dari setiap hal dari kehidupan sosialnya.

Gangguan mental ini biasanya di ketahui saat dewasa karena saat dewasa mereka anda mulai menunjukan perbedaan di sosialnya. Tapi tahukah anda sejak kecil anak anak berpotensi mengalami gangguan mental.

Adalah hal yang baik jika anda bisa mengetahui penyebab umum yang menyebabkan seorang anak berpotensi mengalami ganngguna mental

Penyebab

Sejarah Kesehatan Mental telah lama diketahui. Berbagai macam penafsiran manusia mengenai kondisi mental seseorang menimbulkan berbagai macam cara untuk mengatasinya pula.

Baca juga : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Misalnya, orang yang menderita Gangguan Pasif Agresif, atau Gangguan Kepribadian Histrionik, dianggap sebagai hal yang mistis.

Faktor kesehatan mental pada anak biasanya dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor dari diri anak sendiri serta faktor eksternal yaitu faktor dari lingkungan. Penyebab gangguan kesehatan mental pada anak secara pasti memang belum diketahui.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab gangguan kesehatan mental pada anak sebagai berikut :

  • Keturunan
    Gen adalah unit biologis dasar hereditas yang berisi instruksi untuk fungsi dari setiap sel dalam tubuh. Masing-masing anak memiliki genetiknya masing-masing. Gangguan kesehatan mental pada anak mungkin saja diturunkan dari orang tua kepada anak – anaknya melalui gen.
  • Keadaan tubuh
    Gangguan mental sering dikaitkan dengan otak seseorang yang disebut neurotransmitter. Neurotransmitter membantu sel – sel saraf di otak untuk berkomunikasi satu sama lain. Jika bahan kimia tidak seimbang atau tidak bekerja dengan baik apalagi terjadi cacat atau cedera pada daerah – daerah otak tertentu maka bisa dikaitkan dengan beberapa gangguan mental.
  • Trauma Psikologis
    Beberapa gangguan kesehatan mental pada anak mungkin juga dipicu oleh trauma psikilogis, seperti penyalahgunaan emosional, fisik, atau seksual, kerugian awal yang penting (seperti kehilangan orang tua), dan penelantaran.
  • Stres Lingkungan
    Faktor dari luar yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan mental pada anak adalah stres lingkungan. Peristiwa stress atau traumatic dapat mumicu gangguan pada seseorang dengan kerentangan terhadap gangguan mental

Jika anda sudah tahu penyebab umumnya, berikut cara untuk mengatasinya.

– Pemeriksaan Psikolog

Psikolog bertugas melakukan wawancara-wawancara dengan pasien anak yaitu dengan menyampaikan dan menjelaskan hasil serentetan tes psikologi yang membantu dalam menilai kemampuan-kemampuan dan dinamika kepribadian individu.

– Cobalah untuk mengubah Kebiasan ini dalam Hubungan Keluarga anda

Ini adalah pengobatan yang paling berpengaruh, Umumnya keluarga di indonesia, Kesulitan untuk mengatakan kasih cinta ke keluarga nya, ungkapan itu sangat penting bagi satu hubungan.
dan percaya atau tidak saat anda mengatakannya cepat lambat itu akan mempengaruhi tindakan anda.

Kasih itu sangat penting dalam satu keluarga yang sehat mentalnya. Cobalah mengubah kebiasaan seperti anak tidak penting dalam mengungkapkan pendapat dan perasaan mereka, percayalah setelah anak dewasa mereka anda menjadi orang yang penting melebihi anda. selalu libatkan anak dalam mengungkapkan pendapat.

Related posts