Lupa Minum Pil Tapi Buang Dalam

Lupa Minum Pil Tapi Buang Dalam

duniiakesehatan.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai Minum Morning Pil setelah seks. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Minum Pil After Sex.

Mencegah kehamilan dengan minum morning after pill keesokan paginya mungkin masih banyak dilakukan wanita. Pil KB darurat ini biasanya diminum setelah berhubungan seks tanpa kondom atau saat lupa minum pil KB. Lantas, bolehkan minum morning after pill sebelum berhubungan seks?

Bolehkah minum morning after pill sebelum seks?
Morning after pill adalah pil KB darurat yang bisa membantu mencegah kehamilan dengan menunda atau mencegah ovulasi. Pil kontrasepsi cadangan ini perlu diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seks tanpa kondom.

Morning after pill berisi levonorgestrel harus diminum setelah 72 jam berhubungan seks untuk menurunkan risiko kehamilan hingga 89 persen. Jika segera diminum dalam rentang kurang dari 24 jam, efektivitasnya meningkat sebesar 95 persen.

Namun jangan keliru. Meski niatnya supaya tidak lupa, minum morning after pill sebelum seks akan membuatnya jadi kurang efektif. Secara teori, cara kerja pil ini mungkin saja sama dengan pil KB reguler. Keduanya sama-sama bekerja mencegah ovulasi.Namun sesuai dengan namanya, tujuan morning after pill alias pil KB darurat sendiri bukan alat kontrasepsi yang diutamakan. Alat kontrasepsi darurat tidak ditujukan sebagai metode pencegahan kehamilan yang utama.

Pasalnya, alat kontrasepsi ini tidak bekerja seefektif pil KB reguler dan hanya dimaksudkan digunakan dalam keadaan darurat, bukan yang terencana.Jika Anda ingin minum morning after pill sebelum berhubungan seks tanpa pengaman, pil ini perlu diminum lagi esok paginya untuk membantu menguatkan efek obat.

Hal yang terjadi setelah minum morning after pill
Morning after pill paling efektif diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seks, sebaiknya simpan beberapa cadangan di rumah.Setelah minum pil kontrasepsi darurat ini, sebenarnya tidak ada efek samping berbahaya yang akan muncul. Namun biasanya beberapa efek yang kerap dialami yaitu:

Mual
Sakit perut
Kelelahan
Sakit kepala
Pusing
Perubahan siklus haid
Nyeri payudara

Baca Juga : Panduan Tips Atasi Gigi Yang Berwarna Kuning

Jika Anda muntah dalam waktu dua jam setelah minum obat, konsultasikan ke dokter dan tanyakan apakah Anda perlu meminum ulang pil.Minum morning after pill juga bisa membuat Anda mengalami perdarahan di luar siklus haid. Selain itu, obat ini juga bisa menyebabkan haid menjadi lebih berat atau lebih ringan dan lebih awal atau justru lebih lambat dari biasanya. Berbagai efek yang muncul ini biasanya tak perlu sampai diperiksakan ke dokter.

Namun, Anda perlu memeriksakan diri ketika mengalami perdarahan yang berlangsung lebih dari seminggu. Jika Anda tak kunjung haid dalam tiga minggu, Anda juga perlu segera cek kehamilan dengan test pack atau ke dokter kandungan agar lebih pasti.Begitu pula jika perdarahan disertai nyeri perut bawah yang parah selama 3 sampai 5 minggu setelah minum morning after pill. Hal ini bisa berarti keguguran atau telur yang berhasil dibuahi tumbuh di luar rahim.

Anda juga sebaiknya tidak berhubungan seks terlebih dahulu sebelum beralih menggunakan alat kontrasepsi lain. Pasalnya, morning after pill tidak memberikan perlindungan permanen. Jika Anda tetap berhubungan seks setelah minum morning after pill, peluang kebobolan hamil cukup besar.

Related posts