Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

Duniiakesehatan.com – Sebagai makanan pokok yang paling sering dikonsumsi di Indonesia, tentunya beras sangat dibutuhkan. Apalagi beras yang kemudian diolah menjadi nasi merupakan sumber karbohidrat yang sangat penting. Selama ini mungkin kamu sering menggunakan beras putih sebagai konsumsi sehari-hari.

Sekarang kamu bisa mengonsumsi beras merah untuk konsumsi sehari-hari. Banyak yang bilang konsumsi beras merah lebih menyehatkan daripada beras putih. Hal ini disebabkan karena beras merah belum mengalami proses penggilingan sepenuhnya.

Manfaat beras merah didapatkan karena belum digiling sepenuhnya, sehingga masih mengandung serat dan beberapa nutrisi lainnya. Saat beras putih masih bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh, beras merah sebaliknya. Karena itulah, beras merah banyak digunakan dalam proses diet.

Berikut ragam manfaat beras merah.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Kolesterol

Manfaat beras merah yang pertama adalah dapat menurunkan kolesterol. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi, dan mampu menyerap kolesterol jahat. Karena mengandung serat yang tinggi tidak mengherankan jika beras merah akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tentu saja akan membuat kamu lebih sehat. Maka dari itu, disarankan untuk menjalani diet beras merah dan gandum utuh dengan tujuan meningkatkan level kolesterol baik. Jadikan nasi merah sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Cepat Kenyang

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat beras merah adalah bisa membuat cepat kenyang atau kenyang lebih lama. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah dan kentang bisa membuat kamu kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Baca Juga : Manfaat Skipping Bagi Kesehatan Tubuh

Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat beras merah berikutnya adakah dapat mengurangi risiko diabetes. Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk program diet kamu. Selain itu, beras merah yang rendah indeks glikemik dapat mengatur kadar gula dalam darah dan produksi insulin. Jadi jika kamu memilki masalah dengan diabetes dan tetap ingin mengonsumsi nasi, nasi merah adalah pilihan yang tepat. Selain itu beras merah juga menyediakan energi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, manfaat beras merah adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nasi merah kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi tersebut baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga baik untuk kesehatan dan membuat kamu terhindar dari penyakit. Bahkan mineral zinc yang ada di dalam beras merah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat beras merah bahkan bisa mencegah kanker. Kanker disebabkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan nutrisi dalam beras merah akan membantu mencegah penyakit. Sehingga daya tahan tubuh kamu kuat, dan terhindar dari berbagai masalah penyakit, contohnya saja mineral zinc yang kaya akan antioksidan. Kandungan mineral dalam beras merah ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh, dan menyebabkan kanker nantinya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat beras merah selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi beras merah secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kesehatan tulang tentunya sangat penting karena dapat meningkatkan kekuatan kamu dalam beraktivitas. Hal ini bisa didapatkan karena beras merah kaya akan kalsium dan magnesium yang penting bagi kesehatan tulang.

Menjaga Keseimbangan Produksi Sel Darah Merah dan DNA

Manfaat beras merah selanjutnya datang dari salah satu nutrisi yang dikandungnya, yaitu vitamin B6. Satu porsi nasi merah bisa memenuhi 23 persen kebutuhan harian dari vitamin B6. Jumlah itu yang memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

Mengandung Serat Tinggi

Nasi tentunya akan memberi kamu nutrisi seperti magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin. Namun perlu diperhatikan jenis nasi apa yang dikonsumsi. Kamu bisa memilih nasi merah atau beras merah yang lebih kaya kandungan nutrisi daripada nasi putih. Selain itu, nasi putih hanya mengandung karbohidrat sederhana. Beras merah lebih baik karena memiliki kandungan serat yang tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

Jadi mulai dari sekarang kamu bisa mencoba untuk mulai mengonsumsi beras merah, karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan. Bahkan untuk kamu yang sedang diet, mengonsumsi nasi merah sangat disarankan daripada nasi putih untuk mendukung program yang sedang kamu jalankan.

Related posts