Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Tubuh

Duniiakesehatan.com – Biji selasih lebih sering ditemui sebagai pelengkap minuman, terutama di bulan puasa. Biasanya biji selasih disajikan bersama timun suri, blewah, maupun buah lainnya. Meski bisa juga disajikan bersama sirup bermacam warna. Tahukah kamu kalau biji tumbuhan herbal kemangi ini memiliki segudang manfaat? Apa saja? Berikut beberapa manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu gejala insomnia
Penderita insomnia mempunyai pilihan alami mengatasinya selain dengan cara mengkonsumsi pil tidur, yakni dengan biji selasih. Biji selasih ini memiliki kandungan zat sedative atau zat yang membantu menenangkan. Sehingga jika mengkonsumsi biji selasih maka pikiran akan terasa lebih tenang, dan memberikan efek pada rasa kantuk.

2. Menyembuhkan sakit kepala
Merebus biji selasih bersama jahe dan buah angco dapat menyembuhkan sakit kepala. Selain memiliki kandungan zat sedative, biji selasih juga memiliki sifat analgetic atau menghilangkan rasa sakit. Biji selasih lebih aman dikonsumsi sebagai obat sakit kepala.

3. Melancarkan sirkulasi darah
Biji selasih juga dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ia dapat meningkatkan kerja hati yang menetralkan racun, dan membuat kulit tubuh lebih lancar mengeluarkan keringat.

4. Melembabkan kulit wajah
Selain bagus untuk kesehatan di dalam tubuh, siapa yang menyangka kalau biji selasih juga dapat melembabkan dan menghaluskan kulit wajah, lho. Caranya dengan menumbuk biji selasih, kemudian rebus dengan air secukupnya. Gunakan biji selasih ini saat telah dingin sebagai lulur wajah.

5. Membantu mengecilkan perut buncit
Mengkonsumsi biji selasih membuat nafsu makan dapat tertahan. Pasalnya, biji selasih dapat mengembangkan 30 kali dari ukuran aslinya saat telah dikonsumsi, hal inilah yang membuat kita lebih tahan lapar setelah mengkonsumsi biji selasih. Selain itu, biji selasih juga mengandung banyak serat yang baik sebagai detoksifikasi alami.

6. Menurunkan kadar gula dalam darah
Biji selasih mampu mengontrol konversi karbohidrat dalam tubuh menjadi glukosa, sehingga manfaat inilah yang dapat menjadikan biji selasih baik dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

7. Membantu menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit
Di dalam biji selasih terdapat kandungan minyak alami yang dapat membantu menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit.

8. Menghilangkan kembung dan sembelit
Biji selasih juga memiliki efek karminatif yang dapat mengurangi rasa mual dan kembung pada perut.

9. Dapat menguatkan tulang
Tumbuhan satu ini juga memiliki kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kalsium dalam biji selasih dipercaya dapat menambah kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

10. Bersifat sebagai anti radang
Sudah bukan rahasia bila biji selasih memiliki khasiat sebagai penurun suhu tubuh. Coolant yang terkandung dalam biji selasih mampu meredakan panas tubuh dan demam. Jadi, mengkonsumsi biji selasih bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh saja, tetapi juga dapat mencegah radang.

Related posts