Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Baik untuk Kesehatan

Duniiakesehatan.com – Mandi menjadi salah satu bagian penting dari rutinitas sehari-hari. Tak hanya menyegarkan, mandi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh menjadi bersih dan terawat.

Tahukah Anda bahwa air yang digunakan saat mandi dapat mempengaruhi kesehatan, salah satunya adalah air dingin. Mandi menggunakan air dingin dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat mandi menggunakan air dingin untuk kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

mandi menggunakan air dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak, lemak putih dan lemak coklat.

Saat Anda mandi dengan air dingin, maka lemak coklat dalam tubuh akan menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat. Menurut Joslin Diabetes Center, afiliasi Harvard Medical School, saat tubuh terkena air dingin maka lemak coklat akan aktif dan meningkat kinerjanya untuk membakar kalori di dalam tubuh.

Hal tersebut yang membuat mandi menggunakan air dingin dapat membantu mengurangi berat badan Anda. Caranya, cukup membasuh tubuh Anda menggunakan air dingin saat mandi dan lemak baik akan dalam tubuh akan aktif membakar kalori serta menjaga tubuh tetap hangat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 1993 oleh Thrombosis Research Institute di Inggris, orang yang mandi menggunakan air dingin setiap hari akan mengalami peningkatan jumlah virus yang dapat melawan sel darah putih dibandingkan dengan orang yang mandi air panas.

Hal ini dikarenakan ada peningkatan laju metabolisme yang dihasilkan dari upaya tubuh untuk menghangatkan dirinya. Tubuh akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan melepaskan lebih banyak sel darah putih sebagai perlawanan.

Air dingin dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi dengan mendorong darah untuk mengelilingi organ-organ tubuh dan kemudian membantu memerangi beberapa masalah kulit dan jantung. Saat air dingin mengenai tubuh, kemampuan sirkulasi darah membuat arteri lebih efisien memompa darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga : Manfaat Membaca untuk Kesehatan

3. Mengencangkan Kulit

mandi menggunakan air dingin tidak hanya memberikan kesehatan yang baik, tetapi juga membuat kulit menjadi lebih sehat. Air dingin dapat membantu mengurangi risiko kehilangan terlalu banyak minyak alami pada kulit Anda.

Selain itu, air dingin air juga mampu mengencangkan kutikula dan pori-pori Anda, hal ini yang membuat kulit terlihat mulus dan menunjang penampilan. Mandi dengan air dingin juga dapat membantu kulit Anda terlihat lebih halus dan juga segar.

Jika Anda mandi dengan air dingin, maka Anda tidak perlu lagi memakai lotion atau pelembab agar kulit tidak kering. Hal ini karena sifat air dingin yang dapat mengurangi kulit yang terhidrasi dan mencegah pori-pori tersumbat.

4. Mengurangi Stres

saat tubuh mampu menahan diri dari rasa dingin dalam jangka waktu lama, maka tubuh akan membangun ketangguhan fisik dan mental. Ketika tubuh dan mental sudah kuat maka kemampuan Anda untuk melawan stres menjadi meningkat.

Saat mandi menggunakan air dingin, ada kadar peningkatan gluthathione dalam darah yang mampu membuat antioksidan bekerja secara optimal dalam tubuh sehingga dapat mengurangi stres.

Anda dapat membuat tubuh rileks dengan cara berendam di bawah pancuran air dingin selama sepuluh menit. Selain itu, Anda juga bisa menguyur tubuh menggunakan air dingin saat mandi agar terasa lebih santai dan tekanan pada otot-otot tubuh mulai hilang. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami stres.

5. Meningkatkan Energi

mandi air dingin saat pagi membuat tubuh Anda sedikit terkejut karena rasa dinginnya. Namun, hal ini dapat meningkatkan detak jantung Anda sehingga membuat lebih banyak aliran darah memompa secara optimal ke seluruh tubuh.

Mandi menggunakan air dingin menjadi solusi untuk meningkatkan energi secara alami yang dapat meningkatkan produktivitas Anda. Setelah seharian Anda beraktivitas lalu istirahat, cobalah mandi pagi dengan air dingin di pagi hari. Hal ini akan membantu menghilangkan kelesuan dari tidur semalaman.

Namun, sensasi kejutan dari air dingin tidak disarankan untuk orang yang lebih tua seperti lansia dan orang yang memiliki kondisi jantung kurang baik. Hal ini dikarenakan guyuran air dingin dapat membuat mereka mengalami efek yang tidak baik untuk kesehatan seperti pingsan hingga mengalami serangan jantung.

Related posts