Penyakit Celiac

Penyakit Celiac

duniiakesehatan.com – Saat mengonsumsi gluten berlebihan, maka pencernaan anda akan tergangung. Penyakit ini membentuk kondisi kekebalan tubuh yang menyerang dan mengenai jaringan tubuh yang sehat, penyebab penyakit celiac dikarenakan kekurangan gizi.

Gejala yang paling pertama yang dialami banyak orang sebelum didiagnosis memiliki Celiac disease adalah diare, yang berair atau sebagian padat, sering kali berbau tidak sedap, dan terlihat berminyak atau berbuih.

Pada sebuah penelitian, 79 persen pasien Celiac disease mengalami diare sebelum mendapatkan pengobatan. Setelah pengobatan, hanya 17 persen pasien yang masih mengalami diare kronis.

Baca juga

Celiac disease dapat menyebabkan radang di saluran pencernaan, yang membuat perut kembung serta menimbulkan banyak masalah pencernaan lainnya.

Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 1.032 orang dewasa dengan Celiac disease, 73 persen orang melaporkan merasa kembung sebelum didiagnosis. Gejala ini biasanya akan berhenti setelah menghilangkan gluten dari makanan yang dikonsumsi.

Bagi beberapa orang dengan penyakit Celiac mungkin tidak mengalami diare, tapi mereka biasanya mengalami sembelit. Penyakit Celiac merusak jonjot usus atau vili usus (lipatan atau lekukan pada usus halus) yang berfungsi memperluas permukaan penyerapan, sehingga nutrisi dapat terserap sempurna.

Saat makanan bergerak melalui saluran pencernaan, villi usus tidak dapat menyerap nutrisi secara penuh dan sering kali menyerap kelembapan ekstra dari feses. Hal ini menyebabkan feses mengeras dan mengakibatkan sembelit.

Related posts